Archive for the ‘Uncategorized’ Category

StonerFM

Ide buat digital bisnis? Gampang! Seperti yang gw tulis sebelomnya, kuliah CI mengasah kemampuan gw buat ngeliat segala sesuatu dari semua sisi, jadi jawaban buat pertanyaan pertama gw adalah : forum buat stoner2 yang ada diseluruh dunia 😀

Mungkin buat sedikit orang istilah itu jarang dipake, tapi bagi kebanyakan orang tau dong hehehe. Jadi gini, konsepnya adalah forum yang ngajak orang melakukan penghijauan dan saling berbagi ilmu tentang itu. Buat menghindari hal2 yang tidak diinginkan, forum ini sangat ketat dengan ketentuannya, konsep awal yg terpikirkan adalah setiap member harus dan hanya mempunyai satu tanaman yang diurus sendiri sampai menghasilkan panen.

Di forum tersebut orang2 bebas untuk bereksperimen dan setiap beberapa bulan akan mengadakan pertemuan untuk temu sapa dan berdiskusi tentang hasil panennya. Di setiap kota akan dipilih satu moderator terpercaya yang menyiapkan acara kumpul2nya. Di perkumpulan itu hanya boleh satu hasil panen yang dibawa dan diperlombakan. Saat setiap kota mempunyai juaranya, akan diadakan perkumpulan akbar yang memperlombakan juara hasil panen masing2 kota. Jah bless the champion!

Walaupun mempunyai konotasi negatif, forum ini sama sekali tidak melanggar hukum karena toh Tuhan yang mengijinkan tanaman itu untuk hidup dan tidak ada transaksi apapun. Forum ini hanyalah sebuah ajang ngobrol dan saran sebagai sesama stoner dan bertujuan untuk memperluas koneksi dan pertemanan 🙂

Advertisements

Achievement!

Saat ngliat pertama kali di pilihan2 kuliah di SBM-ITB, gw ngliat ada pilihan Creativity and Innovation. Tadinya gw kira cuma kuliah gabut yang bisa dibilang mata kuliah paket A, tanpa pikir panjang gw langsung ajalah milih itu sebagai ajang penaikan IP.

Pas awal gw masuk ternyata beda banget men. Coba nih siapa yang ngira tugas pertama kuliah ini adalah nyambungin 16 titik2 yang ngebentuk persegi tapi dengan tarikan garis lurus maksimal 4. Sebagai orang biasa yg dikasi tugas gitu kan biasanya udah aja kita garisin 4 ngebentuk payung. Ternyata soal itu bisa dikerjain dengan hannya 3 garis dan sama sekali ga kepikiran  untuk ngebuat bentuk kyk gitu. Dari situ gw tau, kuliah CI ini ga cuma mata kuliah asal2an yang cuma buat naikin IPK, tapi juga ngelatih soft skill kita terutama ngegali potensi kreatif yang ada.

Banyak banget yang gw pelajarin dari kuliah satu ini, dan tambah lagi langsung bisa dipraktekkin untuk segala macem bidang. Gw juga bisa ngliat potensi2 bisnis yang diliat oleh kebanyakan orang sebagai bisnis kelas teri tapi sebenernya bisa ngasi profit yang ga kebayang gedenya.

Gw juga jadi lebih bisa ngeliat semua hal dari sisi lain yang ga bisa diliat orang2 kebanyakan. Dosennya, pak Apiq, juga nyampein materi dengan cara yang ga kita duga dan sebenernya tanpa kita sadarin sangat mengasah otak dengan segala trik2nya.

Buat orang2 yang baca blog gw, coba deh sekali2 main ke SBM nyobain kuliah ini. Seru nyet hehehehe tapi sayang aja kuliahnya pagi banget men.

 

Mahasiswa = mahakreatif

Wow, dari gw baca soal UTSnya gw langsung ga pikir panjang buat nulis postingan ini.

“Identifikasi dan jelaskan peluang, prospek, dan kesempatan – sebanyak-banyaknya – bagi para mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi.”

Menurut gw, peluang/prospek/kesempatan bagi mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi sangatlah luas dan agak bodoh kalo gw nulis semuanya dalam postingan ini. Dari yang gw rasain sebagai mahasiswa, peluang untuk kreatif justru makin banyak bahkan ga dikit yang ngedorong gw untuk selalu kreatif. Semakin manusia dewasa semakin berkembang kemampuan berpikirnya dan tidaklah aneh untuk menjadi semakin kreatif seiring pertambahan usia. Wawasan dan pengalaman pun ikut membantu kita untuk selalu mengeluarkan ide2 baru yang kadang cuma kepikiran sebelom tidur dan lupa dengan kejeniusan kita esok pagi. OHHHH dan menurut gw cara terpenting bagi mahasiswa2 untuk menjadi lebih kreatif adalah dengan cara membebaskannya dari segala aturan, karena aturan hanyalah tembok pembatas untuk kekreatifitas.

Aturan2 yang ada di seluruh dunia saat ini menjadikan kita makhluk yang monoton dan teratur, memang ada bagusnya sih dalam aturan tapi bukankah aturan itu ada buat dilanggar? Kita melihat keteraturan sebagai sesuatu yang bagus, menurut gw itu bullshit! Keteraturan sangat menghambat proses inovasi dan bahkan melarangnya untuk ada. Adanya aturan justru menambah nyali generasi muda untuk melanggarnya, bukan mematuhinya. Jika peraturan dihapuskan untuk jangka pendek mungkin dunia akan melalui kekacauan, tapi sekali lagi lihat jangka panjangnya! Generasi muda suatu saat akan menyadari betapa bodohnya mereka dan akan berkreasi untuk membayarnya, dan sikap tersebut akan turun melalui keturunannya dan dunia akan menjadi bumi yang lebih indah.

Perlukah kita mengorbankan keteraturan yang tidak teratur untuk menjadi suatu keteraturan yang alami? Hapuskan segala aturan di dunia, tunggu kekacauan mereda, dan rasakan enaknya berkreasi sepanjang hidup lo!

3 things humans cannot live without

Beatles dulu pernah bernyanyi bahwa yang kita (manusia) butuhkan untuk tetap hidup hanyalah cinta, tapi lo liat lagi dari kondisi dunia sekarang. Mungkin pada jamannya memang cintalah yang dibutuhkan dan kebutuhan penting lainnya akan ikut menemani perjalanan hidup. Di jaman serba edan sekarang, gw coba ngerangkum apa aja sih penemuan2 penting yang tentunya kita tak bisa hidup dengannya.

1. Internet, jujur deh berapa orang sih yang hidupnya ga tergantung sama internet? Dunia lain ini menyajikan berbagai macam pengetahuan dan informasi selama 24/7. Gw sedikit mengquotes apa yang teman gw tulis di blognya, “kalo ga ada internet kamu tidak bisa baca tulisan ini kan? :p”

2. Alat Transportasi, jaman sekarang gw rasa jalan kaki bukan pilihan lagi deh. Alat transportasi kita gunain sehari2 untuk urusan jauh maupun deket, malah ada sebagian komunitas yang menganggap alat transportasi menjadi fashion dan gaya hidupnya. Lagian kalo kita jalan kaki kemana2 lebih banyak resiko yang kita dapat, contohnya dijambret, ditabrak, telat, keujanan, capek, dsb.

3. Marijuana. Mungkin lo kaget kenapa narkoba seperti ini gw masukin di tiga besar, tapi gw minta lo jangan asal ngejudge bahwa marijuana adalah barang setan! Malahan gw sangat yakin kalo Marijuana adalah ciptaan Tuhan dan Tuhan hanya menciptakan apapun yang berguna bagi manusia. Berbagai belahan dunia mempunyai sejarahnya masing2 tentang tumbuhan ini. Di amerika ganja sempat menjadi komoditas utama yang mengeruk banyak keuntungan bagi negaranya karena digunakan sebagai bahan baku kertas dan pakaian. Penduduk aslinya pun menganggap bahwa marijuana jika dibakar akan mengantar mereka berbicara pada dewa2 dan leluhurnya. Di Jamaica ganja digunakan sebagai ritual untuk beribadah. Memang pada jaman sekarang kebanyakan Marijuana digunakan dengan cara dibakar untuk mendapatkan efek santai, bahagia, dan lapar, but hey! i didn’t find anyone dead or disturb other people when using Ganja and i always love the smile potheads given to me.

Kenapa harus kreatif?

Alasan gw memilih SBM ITB daripada sekolah binis di Jakarta yang akhirnya pindah ke BSD adalah karena kurikulumnya semua berbasis kekreatifitas. Awalnya gw kira semua ujiannya sekedar mengarang bebas apa yang ada di dalam pikiran. Bayangin deh, tugas UTS gw bikin blog bro 😀

Ternyata kekreatifitas mempunyai arti lebih dan gw sangat beruntung bisa nyuri ilmu kayak gini buat bekel gw di dunia kejam mendatang. Menurut gw menjadi kreatif sangat membantu kita sebagai individu untuk tetap have fun dan berkelit dari dunia kemonotonan. Well, gw pernah baca “Do what you love and love what you do.” Quotes itu gw hubungin ke kreatifitas. Untuk menyukai pekerjaan apapun, lo harus pinter2 merekayasa otak lo dan meyakinkan diri lo sendiri buat menyukainya, disinilah kreatifitas bermain. Menurut gw menjadi kreatif bisa diartikan sebagai jalan lain untuk mencapai suatu tujuan.

Contohnya si Rowan Atkinson. Kalo lo googling siapa sih nih Rowan Atkinson, beliau terkenal dengan perannya sebagai Mr. Bean. Siapa sih yang ga kenal Mr. Bean? Bagi gw beliau sangat kreatif menjalani kehidupannya sebagai aktor. Walau aslinya beliau adalah orang yang sangat serius bahkan menurut anaknya ‘galak’, beliau harus berakting cupu untuk mengundang tawa penonton. Karena kekreatifitasnya mendalami akting, Mr. Bean tetap diingat sebagai tontonan komedi yang ga ada matinya, padahal seharusnya jika kita melihat manusia asli bertingkah seperti itu alam bawah sadar kita akan dengan sendirinya menyuruh untuk menjauhi orang itu karena beberapa prejudice yang muncul di masyarakat modern. Coba kalo Rowan Atkinson tidak memainkan kreatifitasnya dalam berakting, yang kita lihat adalah orang penyendiri yang super bodoh, tapi berkat beliau Mr. Bean menjadi tokoh kesayangan sebagian orang.

Nah kalo tadi gw berbicara tentang individu, sekarang gw nyoba buat ngulas dikit tentang perusahaan yang kreatif. Sama seperti kebanyakan orang, gw sangat iri dengan kreatifitas Apple. Mereka menemukan cara termudah untuk menguras uang orang lain. Pertama mereka meresearch kemauan pasar dan membuat prototype untuk langsung dijual di pasaran. Sebelom pasar mengenal gadget tsb, Apple dengan cerdiknya menambahkan beberapa fitur atau desain dan melabeli barang tersebut bukan sebagai inovasi dari prototypenya melainkan sebuah produk baru yang benar2 beda dengan barang pertama yang beredar di pasaran. Taktik ini mulai dijalankan Apple setelah sukses dengan gadget Ipodnya (prototype pertama) sampai sekarang Ipad 2 (merupakan perbesaran dan penambahan fitur dari prototypenya). Taktik mereka kurang lebih seperti ini:

Ipod dikeluarkan, Itouch dikembangkan, dan Iphone dikonsepkan

Ipod mengalami penurunan demand, Itouch dikeluarkan, Iphone dikembangkan, Ipad dikonsepkan

Ipod yang mengalami perubahan fitur dikeluarkan dan menambah demand, Itouch mengalami penurunan demand, Iphone dikeluarkan, Ipad dikembangkan, dan memulai rancangan untuk produk inovatif lainnya

Jika diurutkan seperti itu, Apple dengan sukses menjerat pelanggan dan merubah gaya hidupnya menjadi konsumtif karena adanya sedikit gebrakan pada setiap gadget yang dikeluarkan di pasaran. Kekreatifitasan ini yang membuat Apple menjadi perusahaan trilliuner dan membuat gw ngiri dengan kejeniusannya berbisnis.

Teleportation

Semua orang pasti pernah dong ngebayangin alangkah kerennya kalo kita bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa harus ngebuang waktu banyak, atau sebutan asiknya “teleportasi”. Kalo dipikir lagi menurut gw teleportasi tuh merupakan salah satu metode transportasi yang sangat kreatif loh karena menurut beberapa sumber (lebih lengkapnya nanti di paragraf bawah dijelasin) teleportasi itu membutuhkan kinerja otak yang maksimal sehingga bisa merubah wujud pada tubuh menjadi wujud gas dan bisa berkelana mengelilingi alam semesta pada kecepatan yang tidak masuk akal. TIdak percaya akan teleportasi?? Berikut pengalaman gw mendengar kisah teleportasi, enjoy!

Kejadiannya kira2 3 bulanan yang lalu, tokoh utamanya adalah teman yang sempat belajar keagamaan ke Turki. Dia berguru pada seorang Syeikh (semacam panggilan tinggi keagamaan) yang sudah cukup terkenal di Timur Tengah. Cerita syeikh tersebut yang menurut saya paling menghibur adalah tentang bagaimana beliau menyelamatkan 30 orang yang terkurung di gua bawah tanah yang dalamnya 700 meter dan hanya berukuran 25m x 25mm tanpa adanya sumber makanan dan air bersih selama 3 bulan. Menurut penataran teman gw, si Syeikh ini tiba2 datang di lokasi kecelakaan dan menawarkan bantuan pada pihak yang berwajib walaupun ditolak mentah2 bahkan dicemooh. Lalu dengan semangat temen gw ini cerita “lo bayangin wan, dia menyublim dari permukaan tanah dan muncul di depan 30 orang yang terkurung di gua 700m dalam tanah setiap hari selama 3 bulan dan selalu ngasi makanan da minuman secukupnya.” Gila men, gw langsung googling nih orang, bener ga sih cerita2 itu? Usut diusut memang benar bahwa ceritanya lebih banyak mengandung fakta daripada fiktif dan gw mulai mempertanyakan apakah mungkin teleportasi bener2 bisa dilakukan?

Spontan gw nanya, “apa sih yang dibutuhin guru lo supaya bisa nyublim2 seenak jidat gitu?” ternyata maharnya banyak sob. Pertama, lo harus islam (gw ga ngerti kenapa) dan berjalan dalam jalan Allah. Kedua, lo gaboleh pengen nyublim supaya bisa nyublim (emang sob, gw juga rada bingung). Trus selain itu masih banyak persyaratan yang dikasi tau,kayak harus s3 kimia, punya niat kebaikan, punya pemikiran ilahiah, dsb.

Cerita temen gw berlanjut ke dunia teleportasi, dimana katanya jaman dahulu para wali songo di indonesia setiap hari jumat siang selalu menunaikan ibadah shalat di Ka’Bah dan langsung pulang setelahnya. Wow. Yang paling fantastis adalah bagaimana teleportasi menjadi suatu ilmu yang bisa gw pelajarin (gw lebih prefer metode sains) yang merupakan salah satu metode transportasi yang paling efisien. Bayangin semua orang bisa teleport, gw yakin ga bakal ada macet, polusi, kena-semprot-gara2-telat, dan seluruh belahan dunia bisa kita jelajahin!

Negara Kreatif

Wow, gw lumayan mikir sangat panjang pada awalnya apa yang akan gw tulis, tapi ternyata gw menemukan jawabannya saat  *–With a little help from my friend–THE BEATLES–*. Kita semua sepakat kalo Indonesia harus dipertimbangkan secara serius sebagai negara terkreatif yang pernah ada.

Mungkin bagi sebagian orang kreatif selalu dipandang positif. Disini gw menyajikan berbagai fakta mengenai kreatifitas di indonesia dan biarin aja lo sendiri yang tentuin haruskah kreatifitas dipelihara?

Di indonesia kita terkenal akan budayanya, bahkan seekor monyet bisa dilatih untuk meniru budaya manusia sebagai alat untuk mencari nafkah. Saat mendekati hari besar agama tiba2 jalanan penuh dengan orang2 opportunis yang memang menunggu saat yang tepat untuk mengumpulkan lembaran uang dan karungan logam bahkan tidak sedikit yang mengorbankan banyak orang lain untuk mendapatkan banyak uang, padahal hari besar agama biasanya ada untuk memperingati kebaikan. Saat jalanan penuh para pengendara motor yang cukup *piiiip* mempunyai inisiatif untuk melewati jalan yang dibuat untuk pejalan kaki dan aksi kreatif pertama inilah yang diikuti oleh beratus ratus pengendara motor lainnya. Indonesia juga diwarnai oleh aksi-aksi aneh seperti ngegoreng baso sama tahu yang biasanya makanan berkuah, anak kecil yang disewakan sebagai penimbul rasa iba saat mengemis di perempatan, munculnya mr. gepeng (pas jaman sd waktu itu semuanya tau tentang nih orang, legend banget pada masanya), adanya pangeran dan kaisar matematika yang luar biasa di negara ini, dan masih banyak lain contoh2 kekreatifitasan yang terlihat di Indonesia.

Mari kita kesampingkan perbedaan pendapat kebaikan dan keburukan karena disini dengan segala fakta2 gw tekenin bahwa kita, sebagai bangsa Indonesia, harusnya sepakat kalo Indonesia bisa jadi negara terkreatif kan 😀